Armadillo Accounting

Software Akuntansi Dagang dan Simpan Pinjam
untuk Koperasi dan UMKM dikembangkan oleh :


Radian Multi Prima

Radian Multi Prima, CV
Pandanwangi Royalpark F-55
Malang - Jawa Timur - Indonesia

Marketing :
(0341) 2992180
Faximile :
(0341) 2996869
Customer Support :
(0341) 2996236 / 0889 9290 5902
E-Mail :
marketing@radiansystem.com
Mobile (SMS) :
0821 3909 1992 0857 0808 2299


Jika ingin mengetahui lebih dekat tentang product kami,
Berikut Daftar Reseller dimana Anda dapat memilih lokasi yang dekat dengan Anda.
Atau anda dapat langsung mengirim pesan kepada kami


Klik di sini untuk kembali ke halaman awal.

Armadillo Accounting






 

 

Manajemen Cek (Cheque) / Bilyet Giro

Posted: 03.09.2014

 

  • Produk  :  Armadillo Accounting Profesional 
  • Versi  :  Update Sevice Pack 1.40
  • Modul  :  Cheque / Bilyet Giro

 

Cek dan giro merupakan warkat kliring sehingga keduanya dapat dijadikan sebagai alat pembayaran giral dalam lalu lintas pembayaran nasional. Disebut cek atas unjuk manakala di dalam cek tidak ditulis nama si penerima dana atau siapa pun boleh menerima dana jika si pembawa datang ke bank. Sedangkan cek atas nama adalah cek yang telah ditulis di lembar cek tersebut si penerima tidak dapat dipindah tangankan atau yang dapat menerima dana hanya orang yang tercantum dalam cek tersebut.

 

Sedangkan giro atau bilyet giro adalah surat perintah dari nasabah kepada bank penyimpan dana untuk memindah-bukukan sejumlah dana dari rekening yang bersangkutan kepada rekening pemegang yang disebutkan namanya atau dengan kata lain giro adalah sebagai media pemindah-bukuan dana antarrekening. Keduanya, Cek dan giro merupakan warkat kliring sehingga keduanya dapat dijadikan sebagai alat pembayaran giral dalam lalu lintas pembayaran nasional. 

 

contoh cek cheque dan contoh bilyet giro

 

Jika usaha Anda telah terkomputerisasi menggunakan Armadillo Accounting, maka telah tersedia fasilitas untuk manajemen Cek(Cheque)/Bilyet Giro agar sesuai dengan pencatatan berdasarkan akuntansinya. Adapun yang harus Anda lakukan pertama kali adalah menyiapkan akun atau perkiraan yang dibutuhkan dalam proses transaksi dengan cheque/BG, sbb :

  • Rekening Giro (Aktiva/Asset)
  • Cheque/BG (Aktiva/Asset)
  • Hutang Cheque/BG (Kewajiban/Liabilitas)
  • Biaya Administrasi Pencairan Cheque/BG (Beban)

Setelah akun-akun yang dibutuhkan tersebut tersedia, maka kita bisa lakukan pengaturan pada perkiraan penghubung sbb : 

 

perkiraan jurnal penghubung cek cheque bilyet giro

 

Perkiraan penghubung yang kita setting di atas pada nantinya akan berpengaruh pada jurnal yang dihasilkan saat transaksi Pembelian maupun Penjualan dengan pembayaran menggunakan cheque/BG. Pembayaran dengan cheque/BG juga bisa dikombinasikan dengan pembayaran tunai maupun piutang, misalnya transaksi sbb :

 

penjualan dengan pembayaran cheque/bilyet giro kombinasi tunai dan piutang

 

Pada contoh transaksi penjualan di atas, nilai total penjualan adalah Rp 1,290,000,- dibayar menggunakan Cek senilai Rp 1,000,000,- dan dibayar tunai Rp 100,000,- sehingga menyisakan piutang sebesar Rp 190,000,- ketika transaksi tersebut disimpan dalam Armadillo akan menimbulkan jurnal akuntansi sbb : 

 

jurnal transaksi penjualan dengan cara abayar bg/cheque kas dan piutang

 

Transaksi di atas juga berlaku untuk transaksi Pembelian. Adapun perbedaan modul pembayaran Cek/BG pada transaksi pembelian adalah kita bisa memilih untuk membuat Cek Baru atau menggunakan Cek Masuk yang sudah ada. sbb :

 

transaksi pembelian dengan bayar BG/Cheque

 

KLIRING

 

Ketika kita menggunakan Cheque/BG untuk lalu lintas pembayaran, maka kita akan mendapati akun Rekening Giro dan akun Hutang Cheque/BG pada laporan Neraca posisi keuangan kita. Akun Rekening Giro adalah tabungan kita di bank yang bisa kita gunakan untuk pembayaran via Cheque/BG, sedangkan Hutang Cheque/BG adalah nilai Cheque/BG yang kita keluarkan namun belum cair. Kedua akun ini, harusnya sering kita cek untuk disesuaikan dengan cetak Rekening Koran dari bank. Proses menyesuaikan nilai ini bisa kita sebut dengan proses Kliring. Adapun cara melakukannya cukup dengan mencairkan Cheque/BG Keluar di daftar Cheque/BG sbb:

 

proses penyesuaian kliring rekening giro dengan hutang cheque atau BG

 

Adapun jurnal pencairan Cheque/BG keluar adalah sbb :

 

jurnal pencairan cheque atau bg pada proses kliring