Armadillo Accounting

Software Akuntansi Dagang dan Simpan Pinjam
untuk Koperasi dan UMKM dikembangkan oleh :


Radian Multi Prima

Radian Multi Prima, CV
Pandanwangi Royalpark F-55
Malang - Jawa Timur - Indonesia

Marketing :
(0341) 2992180
Faximile :
(0341) 2996869
Customer Support :
(0341) 2996236 / 0889 9290 5902
E-Mail :
marketing@radiansystem.com
Mobile (SMS) :
0821 3909 1992 0857 0808 2299


Jika ingin mengetahui lebih dekat tentang product kami,
Berikut Daftar Reseller dimana Anda dapat memilih lokasi yang dekat dengan Anda.
Atau anda dapat langsung mengirim pesan kepada kami


Klik di sini untuk kembali ke halaman awal.

Armadillo Accounting






 

 

Mengawali Siklus akuntansi di usaha Simpan Pinjam

Posted: 22.04.2008

Jenis Usaha      : Koperasi  (simpan Pinjam)

Bahasan           : Management

Hampir sama dengan komputerisasi di usaha dagang, dakalanya orang beranggapan bahwa dengan menerapkan system komputerisasi akuntansi, maka semua permasalahan akuntansi akan terselesaikan.

Meskipun anggapan ini tidak seluruhnya salah, akan tetapi juga bisa dikatakan tidak seluruhnya Benar. Karena sebenarnya tujuan Komputerisasi system Akuntansi adalah hanya untuk 

  • memperkecil kesalahan pencatatan,
  • Kontrol kecurangan dan
  • percepatan perhitungan.

Akan tetapi System komputerisasi tidak bisa meluruskan bahwa suatu system yang sudah diterapkan benar atau salah, karena komputer hanya bertindak secara dummy ( Pasif) , artinya apapun perintah yang diberikan untuk dilakukan untuk di hitung, maka komputer akan langsung menghitung, akan tetapi dia (komputer) tidak tahu apakah yang di hitung tadi adalah suatu hal yang harus dihitung atau suatu hal yang tidak perlu dihitung (dengan cara seperti itu).

Berangkat dari sana, maka apabila kita ingin memulai Siklus akuntansi di sebuah usaha yang baru berjalan, yang perlu diperhatikan adalah bahwa kita harus mengetahui terlebih dahulu system akuntansi (secara manual) yang akan diterapkan di usaha kita. Setelah kita merancangnya , kita baru bisa menerapkan system akuntansi yang terkomputerisasi. Disana akan terjadi kompromi-kompromi dalam cara penghitungan akuntansi.

Yang perlu pertama kali dipersiapkan untuk memulai siklus akuntansi yang benar, sebenarnya mempunyai bebererapa tahapan, tergantung dari tujuan yang ingin dicapai dari perhitungan akuntansi tersebut.

Memulai sikulus Akuntnasi diusaha simpan pinjam dibagi menjadi 2 kelompok dasar, yaitu:

  1. Usaha simpan pinjam yang sudah berjalan sebelum ada komputerisasi dan

  2. Usaha Simpan Pinjam baru dimana belum ada data yang ada.

1. Jika usaha Simpan Pinjam Anda sudah berjalan, tentunya sedikit banyak Anda sudah menerapkan metode-metode atau cara perhitungan akuntansi yang dapat menghasilkan laporan Neraca dan Rugi Laba. Dari cara yang Anda gunkana saat ini , Anda dapat mengaplikasikannya kepada system yang akan Anda gunakan.
yang perlu menjadi perhatian Anda adalah apabila  Anda menerapkan perhituangan akuntansi Simpan Pinjam tersebut secara otodidak (berpikir sendiri), maka sebaiknya system akuntansi Anda diganti dengan  mengadopsi system yang akan Anda pakai, karena ada kemungkinan jika Anda masih memakai system otodidak Anda, metode itu tidak siap untuk perkembangan bisnis Anda.

beberapa point yang perlu diperhatikan:

  1. Metode perhitungan bunga pinjaman

  2. Metode perhitungan bunga simpanan

  3. perlakukan pendapatan dan biaya secara cash basis atau accruel basis

2. Jika Usaha Simpan Pinjam Anda baru saja berdiri, maka point paling penting adalah Anda harus ada minimal seorang yang sudah bisa atau pernah menjalankan (menjadi) juru buku di sebuah usaha simpan pinjam. Karena dengan adanya ini, maka arah usaha akan dilaporkan (di manage) secara bagaimana, akan bisa di tentukan diawal.
coba Anda bayangkan apabila didalam usaha Anda tidak ada satupun yang mengerti seluk beluk usaha simpan pinjam (biasanya koperasi), maka "kewajiban" untuk membuat laporan neraca dan rugilaba yang harus dilaporkan kepada Anggota akan sulit.
Beda dengan usaha dagang (pribadi) yang tidak punya keharusan membuat laporan neraca dan rugilaba.

diperlukannya seorang jurubuku untuk usaha baru dikarenakan system (komputerisasi) yang baik tidak mendikte 100% cara melaporakan akuntansi harus bagaimana (sudah jadi), akan tetapi sebagian harus di setup terlebih dahulu (oleh user) agar sesuai dengan keadaan usaha simpan pinjam (koperasi) yang dijalankan. dan ini di butuhkan pen "desain" bentuk laporan dan metode perhitungannya.


Baca Juga
Mengawali Siklus akuntansi di usaha dagang

Chat via Yahoo Messenger