Armadillo Accounting

Software Akuntansi Dagang dan Simpan Pinjam
untuk Koperasi dan UMKM dikembangkan oleh :


Radian Multi Prima

Radian Multi Prima, CV
Pandanwangi Royalpark F-55
Malang - Jawa Timur - Indonesia

Marketing :
(0341) 2992180
Faximile :
(0341) 2996869
Customer Support :
(0341) 2996236 / 0889 9290 5902
E-Mail :
marketing@radiansystem.com
Mobile (SMS) :
0821 3909 1992 0857 0808 2299


Jika ingin mengetahui lebih dekat tentang product kami,
Berikut Daftar Reseller dimana Anda dapat memilih lokasi yang dekat dengan Anda.
Atau anda dapat langsung mengirim pesan kepada kami


Klik di sini untuk kembali ke halaman awal.

Armadillo Accounting






 

 

Pelatihan Akuntansi Koperasi Berbasis Komputer bagi Koperasi di Kabupaten Tuban

Posted: 24.10.2011

Peranan teknologi dalam hidup kita sudah tidak dipisahkan lagi, ibarat kebutuhan pokok yang selalu harus kita penuhi dan semakin hari semakin meningkat, baik secara kualitas maupun kuantitas. Yang tidak kalah penting juga kemampuan kita dalam mengikuti setiap laju teknologi agar dapat terus bersaing di dunia global khususnya usaha yang kita jalani.

Maka dari itu, sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan koperasi yang sesuai dengan perkembangan teknologi, diperlukan adanya informasi yang tepat tentang bagaimana memaksimalkan peran teknologi sebagai penunjang peningkatan kemampuan bagi para pengelola koperasi. Dalam hal ini, DINAS PEREKONOMIAN DAN PARAWISATA KABUPATEN TUBAN mengambil langkah yang tepat. Sebagai instansi yang menaungi koperasi yang ada di Kabupaten Tuban, pada Tgl.17 – 20 Oktober 2011, bertempat di Hotel Amerta – Tuban, diadakanlah  PELATIHAN AKUNTANSI KOPERASI BERBASIS KOMPUTER BAGI KOPERASI DI KABUPATEN TUBAN.

Sedangkan Instruktur yang mengisi adalah  sebagai salah satu Pengajar dari UPT Balai Diklat Koperasi dan UMKM Prov.Jawa Timur, Serta pihak Radian Multi Prima di antaranya Bpk.Ragia M Gunawan, Bpk.Raditya M Pabeta,SE dan Bpk.Hendra Sasmita, dengan memakai meeting room yang ada di Hotel Amerta yang di sulap menjadi ruang pelatihan, karna memang tidak ruang khusus untuk pelatihan/lab.komputer, maka dengan manata meja-meja yang ada dan menambah striker listrik di setiap baris meja, maka jadilah meeting room tersebut lab.secara Instan namun dengan ketentuan setiap peserta membawa laptop sendiri.

Agar Pelatihan ini berjalan lebih efektif maka dari peserta yang ada dibagi menjadi 2 gelombang. Di hari pertama untuk peserta Gelombang I dimulai tanggal 17 – 18 oktober 2011 yang terdiri dari KOPKAR/KPRI yang ada di Kab. Tuban sejumlah 38 orang. Pembukaan acara diawali sambutan dari pihak Dinas Perekonomian dan Pariwisata Kab.Tuban, selanjutnya instruktur dari Balatkop memberikan pandangan umum tentang akuntansi berbasis Komputer. Dari awal acara ini antusias peserta sudah terlihat, karena kebanyakan dari peserta gelombang I ini merupakan Pengurus inti dari KPRI/KOPKAR yang hadir.

Setelah menerima materi awal, selanjutnya peserta mendapat penjelasan mengenai Armadillo Simpan Pinjam. Yaitu apa saja yang akan kita pelajari dan apa yang bisa dilakukan oleh Armadillo Simpan Pinjam sebagai Perangkat Lunak yang akan diimplementasikan di KPRI/KOPKAR yang nantinya melakukan Komputerisasi. Untuk pelatihan kali ini mungkin sedikit berbeda yang biasanya dilakukan di Lab.Komputer di mana peserta bisa langsung menjalankan Armadillo Simpan Pinjam. Karena semua peserta membawa laptop sendiri maka proses instalasi juga dilakukan sendiri, sambil mengikuti instruksi dari Bpk.Ragia M Gunawan yang kebetulan menyambung dari penjelasan sebelumnya.

Walau sedikit kesulitan dalam mengikuti instruksi dikarenakan banyak sekali peserta yang belum terbiasa dengan pelatihan seperti ini, namun itu tidak berlangsung lama, karena metode praktek langsung sangat ampuh untuk dalam kasus ini.

Di hari pertama pelatihan dilakukan mulai jam 13.00 Wib sampai jam 21.00 Wib, diawali dengan materi Armadillo Simpan Pinjam, peserta dibawa dalam wacana bahwa dengan sistem komputerisasi maka setiap transaksi akan terintegrasi langsung dengan semua laporan, mulai neraca, jurnal sampai Rugi/laba. Karena semua peserta merupakan KPRI dan KOPKAR, maka fokus materi lebih ke tentang apa saja yang biasa di lakukan di KPRI/KOPKAR. Di aataranya tentang posting, cetak kuiitansi secara kolektif, kondisi keuangan dan rekap tagihan per orang yang biasanya dilakukan awal bulan. Dari tiga orang instruktur secara langsung memberikan pengarahan pada peserta ketika mengalami kesulitan dalam mengikuti materi yang diberikan. Secara teori peserta tidaklah mengalami kesulitan, mengingat peserta adalah para pengurus inti sehingga yang perlu banyak memberikan pengarahan adalah implementasi ke Armadillo Simpan Pinjam.

Masih untuk gelombang I, di hari ke-2 pelatihan dimulai jam 08.00 Wib sampai jam 12.00 Wib. Untuk materi di hari ke-2 adalah Armadillo Accounting. Tidak kalah dengan hari pertama peserta sangatlah antusias, proses nya sama dengan di hari pertama, namun untuk hari ke-2 ini peserta sudah mulai terbiasa, bahkan ada yang sudah bisa menginstall sendiri untuk Armadillo Accounting. Hanya ketika mulai melakukan setting dan memasukkan transaksi peserta harus benar-benar memperhatikan instruksi yang diberikan, karena step by step untuk Armadillo Accounting lebih banyak di banding Armadillo Simpan Pinjam.

Dari sekian Peserta yang hadir, sebagian ada yang memiliki usaha retail, sehingga pertanyaan pun silih berganti. Setelah perserta diberikan sesi untuk bertanya terkait dengan usaha yang mereka jalani, mulai dari proses instalasi sampai entry data. Semua keinginan dan kebutuhan yang diinginkan untuk sebuah program aplikasi di usaha retail bisa dipenuhi dengan Armadillo Accounting, mulai dari laporan penjualan harian, piutang, hutang,best buy per barang, retur barang, sampai costing dan Assembling. Untuk gelombang I di tutup oleh Ketua Pelaksana kegiatan ini.

Di hari berikutnya, 19 – 20 Oktober 2011 adalah untuk Gelombang II yang di mulai Jam 14.00 Wib, Peserta kali sebanyak 36 orang yang berasal berbagai lembaga keuangan, mulai dari KSP, KSU, KUD dan Kopwan dan rata-rata yang datang masih tergolong usia muda, sehingga pelatihan di hari ke-3 ini jadi semakin menarik, mulai dari mereka yang baru saja pegang laptop sampai pertanyaan yang kadang di luar tema pelatihan.

Hari Pertama, untuk Gelombang II langsung diberikan materi tentang Armadillo Accounting. Karena melihat antusias di Gelombang I untuk materi Armadillo Simpan Pinjam cukup bagus, apalagi untuk peserta di Gelombang II ini hanya 1 atau 2 orang saja yang memiliki usaha retail, dengan seperti ini maka waktu untuk sesi Armadillo Simpan Pinjam lebih panjang, mulai jam 19.00 Wib – 21.00 Wib , dan keesokan harinnya mulai Jam 08.00 Wib – 12.00 Wib  sedangkan untuk Sesi Armadillo Accounting hanya di hari pertama saja mulai Jam 14.00 Wib – 17.30 Wib.

Tidak jauh beda dengan materi Armadillo Simpan Pinjam di hari sebelumnya, semua tentang transaksi yang biasa mereka lakukan di tempat masing-masing, karena kebetulan yang hadir kebanyakan bagian pembukuan dan kasir, sehingga pembahasan lebih mengerucut pada problem solving untuk masalah yang sering mereka hadapi.

Di hari ke-4, setelah materi Armadillo Simpan Pinjam, acara ini rencananya akan ditutup oleh kepala Dinas Perekonomian dan Pariwisata Kab.Tuban, namun karena yang besangkutan berhalangan, maka penutupan acara ini diwakili ketua Panitia Pelaksana Kegiatan.

Chat via Yahoo Messenger