Armadillo Accounting

Software Akuntansi Dagang dan Simpan Pinjam
untuk Koperasi dan UMKM dikembangkan oleh :


Radian Multi Prima

Radian Multi Prima, CV
Pandanwangi Royalpark F-55
Malang - Jawa Timur - Indonesia

Marketing :
(0341) 2992180
Faximile :
(0341) 2996869
Customer Support :
(0341) 2996236 / 0889 9290 5902
E-Mail :
marketing@radiansystem.com
Mobile (SMS) :
0821 3909 1992 0857 0808 2299


Jika ingin mengetahui lebih dekat tentang product kami,
Berikut Daftar Reseller dimana Anda dapat memilih lokasi yang dekat dengan Anda.
Atau anda dapat langsung mengirim pesan kepada kami


Klik di sini untuk kembali ke halaman awal.

Armadillo Accounting






 

 

Pelatihan Koperasi Modern Tingkat Nasional ke-IV di Pulau Dewata Bali

Posted: 20.02.2019

 

Pelatihan Koperasi Modern Nasional 2018 di Pulau Dewata Bali


Pelatihan Nasional (Pelatnas) Koperasi Modern merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Radian Multi Prima sejak tahun 2015. Agenda ini selalu diselenggarakan untuk meningkatkan pengetahuan tentang perkoperasian, pengetahuan, dan keterampilan para wirausaha baru di bidang teknologi informasi yang terus berkembang setiap tahunnya.

Berbeda dari pelatihan-pelatihan sebelumnya yang selalu dilaksanakan di wilayah Malang, untuk tahun 2018 pelatihan nasional dilaksanakan di Pulau Dewata Bali. Banyak alasan yang mendasari untuk memilih Bali sebagai lokasi pelatihan, salah satunya untuk menghadirkan nuansa baru bagi peserta Pelatihan Nasional Koperasi Modern yang keempat ini.

 

Pelatihan Koperasi Modern Nasional 2018 di Pulau Dewata Bali

Pelatihan Nasional Koperasi Modern 2018 dilaksanakan pada tanggal 16-19 Oktober 2018 bertempat di Kuta Central Park Hotel Bali, dengan jumlah peserta yang terdaftar 47 orang dari 20 koperasi. Kegiatan pertama adalah Penjemputan peserta di Bandara Internasional Ngurah Rai mulai Pukul 12.00 WITA. Para peserta yang telah datang diantarkan menuju hotel, kemudian dilakukan pendataan oleh tim setelah itu dipersilakan beristirahat sebelum acara pembukaan pada sore harinya.

Pembukaan acara pelatnas ini diawali dengan sambutan Ketua Panitia oleh Bapak Muhammad Said. Dilanjutkan dengan sambutan sekaligus membuka acara oleh Bapak Ragia M. Gunawan selaku pimpinan Radian Multi Prima. Kemudian diakhiri dengan penyerahan simbolis tanda peserta dan seminar kit sebagai tanda dimulainya acara Pelatihan Nasional Koperasi Modern 2018.

 

 

 

Pelatihan Koperasi Modern Nasional 2018 di Pulau Dewata Bali

Berbeda dengan hari pertama, agenda pada hari kedua cukup padat dengan beberapa materi pelatihan. Materi pertama adalah adalah Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Menengah (SAK EMKM) yang disampaikan oleh Bapak Wijono, SE.,MM. (SAK EMKM) merupakan standar baru yang disusun oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Ditujukan bagi EMKM, standar yang disusun lebih sederhana. Dengan menyusun laporan sesuai SAK EMKM, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat mengajukan pendanaan dari pihak lain maupun sebagai dasar untuk pelaporan pajak.

 


 

Pelatihan Koperasi Modern Nasional 2018 di Pulau Dewata Bali

Setelah menerima materi yang cukup berat, pada materi kedua ini materinya cukup ringan dan menghibur, yaitu ateri tentang Public Speaking. Materi ini disampaikan oleh Bapak Sylvester Sudin selaku Ketua Koperasi Sumber Berkat Ruteng, yang membahas tentang bagaimana menjadi seorang pembicara yang baik. Materi ini sangat relevan dengan peserta, mengingat mayoritas peserta pelatnas adalah pengurus koperasi, yang kerab kali menjadi seorang pembicara dalam sebuah acara koperasinya. Sesi terasa begitu fun dan gelak tawa dari para peserta pun pecah ketika beberapa perwakilan peserta ditunjuk maju guna mempraktikkan apa yang sudah dijelaskan oleh pemateri.



 

Pelatihan Koperasi Modern Nasional 2018 di Pulau Dewata Bali

Setelah ishoma, tibalah pada materi inti dari Pelatnas yaitu materi Financial Technology yang disampaikan oleh Ibu Silvia selaku CMO & Business Dev. IPAYMU. Pemilihan materi ini sebagai materi utama tidak luput dari kondisi yang terjadi dimasa ini. Dimana nyaris disegala aspek kehidupan sudah menggunakan teknologi, dan juga materi ini ditujukan sebagai bekal agar koperasi-koperasi lebih siap dan mengerti tentang financial technology guna menyongsong revolusi industri 4.0 yang mulai diterapkan diberbagai negara. Berbeda dengan materi sebelumnya yang lebih santai, pada materi kali ini peserta terlihat begitu serius dan antusias mendengarkan penjelasan dari pemateri. Tidak jarang beberapa pertanyaan terlontar saat materi sedang berlangsung.

 


Setelah materi demi materi telah selesai disampaikan, tibalah demo dari Radian Multi Prima. Adapun demo pada Pelatihan Nasional kali ini ada dua, yang pertama adalah Demo Armadillo Online Server yang disampaikan dengan Bapak Alan Haviludin dan yang kedua Demo Armadillo Mobile Report yang disampaikan oleh Bapak Mohammad Kundori. Kedua materi demo tersebut adalah program terbaru dari Radian Multi Prima yang diperkenalkan kepada peserta baik yang sudah berstatus sebagai klien maupun yang belum. Dan kegiatan hari kedua ini ditutup dengan sharing time dan open table dengan tim Radian Multi Prima.

 

Pelatihan Koperasi Modern Nasional 2018 di Pulau Dewata Bali

Beranjak ke hari ketiga, agenda hari ketiga diisi dengan tour ke beberapa lokasi wisata yang ada di Pulau Dewata Bali. Setelah peserta menikmati hidangan sarapan yang telah disiapkan oleh pihak Kuta Central Park Hotel Bali, perserta pun dijemput oleh bus untuk melakukan tour Bali. Tour pun dimulai dengan destinasi pertama adalah Werdhi Budaya Art Center Denpasar. Werdhi Budaya Art Center Denpasar adalah tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang dikenal sebagai pusat pertunjukan seni dan budaya Bali berlokasi di Jalan Nusa Indah nomer 1 Denpasar Timur. Selain sebagai tempat pementasan seni, Werdhi Budaya Art Center Denpasar juga dijadikan tempat untuk mengembangkan bakat-bakat seni yang dimiliki masyarakat Bali.

 

Pelatihan Koperasi Modern Nasional 2018 di Pulau Dewata Bali

 

Sedikit disayangkan memang, karena perserta tidak bisa menyaksikan pagelaran Pesta Kesenian Bali yang diadakan setiap tahunnya di Bulan Juni sampai Juli. Namun hal itu tidak mengurangi kegembiraan dan ketakjubkan yang ditawarkan Werdhi Budaya Art Center Denpasar. Terdapat banyak anak-anak sekolah yang sedang mengikui lomba tari, dan beberapa sedang berlatih tari. Peserta pun banyak mengabadikan foto bersama mereka.


 

Pelatihan Koperasi Modern Nasional 2018 di Pulau Dewata Bali

 

 

Puas berfoto dengan para penari perjalanan pun dilanjutkan ke destinasi kedua yaitu Monumen Bajra Sandhi. Monumen Bajra Sandhi, merupakan Monumen Perjuangan Rakyat Bali dan menjadi simbol heroik rakyat melawan para penjajah, monumen ini didirikan untuk menghormati para pahlawan dan merupakan lambang perjuangan rakyat dalam mengusir kolonial Belanda dari Ibu pertiwi. Serta lambang semangat untuk mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

 

Pelatihan Koperasi Modern Nasional 2018 di Pulau Dewata Bali

 

Peserta pelatnas dibuat takjub dengan arsitektur Monumen Bajra Sandhi, eksterior monumen ini kaya detail ornamen khas Bali yang sarat dengan makna filosofi ajaran Hindu. Hal ini pun dimanfaatkan dengan baik oleh para peserta pelatnas sebagai spot foto yang memorable. Beranjak menuju dalam monumen, di sana terdapat banyak diorama. Diorama-diorama ini menggambarkan peristiwa-peristiwa penting dalam perjalanan sejarah rakyat Bali sejak era prasejarah hingga memasuki era Indonesia merdeka. Beberapa diorama penting yang ada di sini menggambarkan peristiwa heroik Pertempuran Puputan Klungkung, peristiwa Puputan Badung, peristiwa perobekan surat Belanda oleh Patih I Gusti Ketut Jelantik, dan penyebarluasan proklamasi kemerdekaan 1945.

 

Pelatihan Koperasi Modern Nasional 2018 di Pulau Dewata Bali

 

Selesai berjalan-jalan di Monumen Bajra Sandhi, tak lengkap rasanya pergi ke Bali tanpa mencari oleh-oleh. Oleh karena iu tim berinisiatif untuk mengajak peserta ke salah satu pusat oleh-oleh di daerah Depansar, yaitu Krisna. Puas berkeliling dan berbelanja, perjalanan pun dilanjutkan dengan menikmati salah satu kuliner khas Bali yaitu Ayam Betutu.

 

 

Pelatihan Koperasi Modern Nasional 2018 di Pulau Dewata Bali

 

 

Ada yang kurang apabila kita ke Bali tanpa mengunjungi pantainya. Nah, destinasi tempat wisata selanjutnya adalah salah satu pantai yang saat ini sedang naik daun di Bali, yaitu Pantai Pandawa. Pantai ini terletak di Desa Kutuh, Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Ada beberapa hal yang menjadi daya tarik dari pantai ini, salah satunya adalah pemandangan tebing tinggi yang berada di sepanjang jalan menuju pantai. Lokasinya yang terletak di balik tebing kokoh membuat panorama alam di Pantai ini terlihat sangat eksotis. Ditambah adanya unsur budaya di pantai ini dengan meletakkan lima buah patung Kesatria Pandawa di antara dinding-dinding tebing menambahkan keindahan pantai ini.

 

Pelatihan Koperasi Modern Nasional 2018 di Pulau Dewata Bali

Puas menikmati keindahan Pantai Pandawa, kegiatan tour Pulau Dewata ini dilanjutkan dengan mengunjungi salah satu ikon terbaru dari Pulau Dewata yaitu Patung Garuda Wisnu Kencana atau lebih dikenal dengan sebutan GWK. Sama seperti di Werdhi Art, saat mengunjungi patung yang mengalahakan tinggi patung Liberty ini pun, peserta pelatnas tidak bisa leluasa meng-explore apa saja yang ada di patung dengan tinggi 121 meter ini. padahal sejatinya di kawasan GWK ini banyak hal yang dapat di kulik, mulai dari meikmati berbagai pertunjukkan, belajar sejarah, dan juga berkeliling dengan menggunakan Shuttle Bus untuk mengelilingi kawasan seluas 60 hektar ini. Hal ini dikarenakan saat itu sedang ada kegiatan kenegaraan yang dihadiri oleh Presiden dan pejabat negara lainnya, sehingga kawasan GWK harus steril.

Tidak ingin terlarut dengan perasaan kecewa, tour ini pun ditutup dengan Gala Dinner di Pantai Jimbaran. Ditemani dengan pemadangan sunset dan deburan ombak Pantai Jimbaran, serta iringan live musik menambah suasana intim dan penuh canda tawa pada saat itu.