UPDATE ARMADILLO SIMPAN PINJAM VERSI 4.47

Produk                       : Armadillo Simpan Pinjam

Versi                            : Update Servis Pack 4.47

Modul                         : Anggota, Penabung, Peminjam, Daftar Saldo / Buku Bantu

Tanggal Update      :

Kali ini Armadillo Simpan Pinjam mengeluarkan update terbaru Pro SP 4.47. Untuk versi ini terdapat beberapa perubahan dan penambahan fitur yang dimulai dari Penambahan fitur cetak mundur nominatif, Penambahan fitur export excel pada data anggota, data penabung, data peminjam, daftar saldo, semua posting angsuran, dan Perbaikan untuk edit produk pinjaman yang sebelumnya sering mengalami error

  1. Penambahan Fitur Cetak Mundur Nominatif

Penambahan fitur yang pertama pada versi ini adalah fitur cetak daftar pada data penabung dan data peminjam, dimana fitur ini bisa digunakan untuk mencetak laporan saldo simpanan dan saldo pinjaman per tanggal setiap periode seperti yang kita inginkan pada tempo waktu yang lalu atau sudah terlewati.

  • Contoh cetak daftar saldo pada penabung bisa dilihat pada gambar 1.1 dibawah ini

Gambar 1.1 Contoh Tampilan Cetak Daftar Penabung

Langkah untuk menggunakan fitur cetak daftar ini adalah pertama kita klik cetak daftar dan akan muncul tampilan seperti diatas yang berisikan konfirmasi cetak saldo. Jika kita pilih Yes (Y), akan ada opsi untuk menampilkan saldo setiap tanggal atau periodenya, jadi kita bisa memilih cetak laporan pada tanggal tertentu pada periode sekarang ataupun periode sebelumnya sesuai yang kita inginkan. Sedangkan jika kita pilih No (N), hanya menampilkan saldo per-sekarang saja.

Ini adalah tampilan jika kita pilih Yes (Y), akan muncul pilihan periode yang akan kita cetak sesuai periode yang kita inginkan.

Gambar 1.2 Contoh Tampilan Cetak Daftar Laporan Per Periode Penabung

Kemudian jika kita klik cetak daftar akan menampilkan daftar saldo akhir simpanan setiap anggota pada periode tersebut / periode yang sudah kita tentukan seperti pada gambar 1.3 dibawah ini.

Gambar 1.3 Laporan Daftar Saldo Simpanan

  • Selain cetak daftar pada penabung, juga terdapat penambahan fitur cetak pada daftar peminjam :

Gambar 1.4 Contoh Tampilan Cetak Daftar Peminjam

Gambar 1.5 Contoh Tampilan Cetak Daftar Laporan Per Periode Peminjam

Gambar 1.6 Laporan Daftar Saldo Pinjaman

  1. Penambahan Fitur Export Excel Pada Data Anggota, Data Penabung, Data Peminjam, Daftar Saldo, Dan Semua Posting Angsuran

Fitur kedua ada penambahan fitur export ke excel untuk data anggota, data penabung, data peminjam, daftar saldo, dan semua posting angsuran. Fitur ini berfungsi untuk mencetak data atau laporan dari sistem Armadillo ke dalam bentuk excel. Dengan adanya data pada excel kita bisa mempunyai back up data, cek atau koreksi data, dan membuat perbandingan antara data dari sistem Armadillo dengan data real.

  • Berikut adalah tampilan data anggota, dan fitur export excel ada disebelah pojok kanan atas (tanda kotak merah). Langkah selanjutnya untuk export data anggota ke dalam bentuk excel, klik logo excel di pojok kanan atas seperti contoh pada gambar 2.1. Dan untuk contoh tampilan laporan data anggota dalam bentuk excel dapat dilihat pada gambar 2.2 dibawah.

Gambar 2.1 Daftar Anggota

Gambar 2.2 Bentuk Export Data Anggota ke Excel

  • Berikutnya adalah tampilan untuk data penabung, tombol export ke excel ada di pojok kiri bawah yang befungsi untuk mengekspor data Penabung serta saldo akhir tabungan setiap anggota dari sistem Armadillo ke dalam bentuk excel. Langkah selanjutnya untuk export data penabung ke dalam bentuk excel, klik logo excel di sebelah pojok kiri bawah.

Gambar 2.3 Daftar Penabung

Gambar 2.4 Hasil Export Data Penabung Ke Excel

  • Untuk data peminjam langkah-langkahnya kurang lebih sama seperti pada anggota dan penabung, klik excel di pojok kanan bawah.

Gambar 2.5 Daftar Peminjam

Gambar 2.6 Hasil Export Data peminjam Ke Excel

  • Selanjutnya terdapat fitur export excel pada daftar saldo / buku bantu perkiraan dimana fitur ini berfungsi untuk menampilkan semua saldo dari akun perkiraan yang ada, mencetak saldo semua perkiraan dalam bentuk excel, dan dari data excel ini kita bisa membandingkan atau mengoreksi dengan laporan neraca dan laporan laba rugi dari sistem dengan data manual. Tampilan laporan buku bantu setelah di ekspor dalam bentuk excel bisa dilihat pada gambar 2.8 dibawah.

Gambar 2.7 Tampilan Buku Bantu Pada Sistem Armadillo

Gambar 2.8 Tampilan Laporan Buku Bantu pada Excel

  • Terakhir juga terdapat penambahan fitur excel untuk semua posting angsuran seperti posting bunga simpanan sukarela, posting jasa pinjaman, dan angsuran pinjaman. Fitur ini bertujuan mengeskpor data yang akan di posting tersebut dari sistem Armadillo ke dalam bentuk excel, fungsi lainnya yaitu untuk back up data ketika akan melakukan posting, cek data, koreksi data anggota mana saja yang ikut dalam posting dan tidak ikut posting. Untuk menu excel pada jasa simpanan bisa dilihat pada gambar 2.9, dan hasil export jasa pinjaman ke excel bisa dilihat pada gambar 2.10.

Gambar 2.9 Tampilan Posting Angsuran Jasa Pada Sistem Armadillo

Gambar 2.10 Tampilan Posting Jasa Setelah Export Excel

Contoh tampilan fitur export excel pada angsuran pinjaman :

Gambar 2.11 Tampilan Posting Angsuran Pinjaman Pada Sistem Armadillo

Gambar 2.12 Hasil Export Angsuran Pinjaman Ke Excel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *